Durasi Kem / Batasan Durasi Kem
Korek mesin motor,Durasi adalah waktu yang diukur dalam derajat kruk as.m Maksud dari durasi klep buat
para mekanik balap adalah untuk membuat lama bukakan klep,terlalu lama juga
mesin jadi drop. Baik dimana klep in atau ex sedang terbuka, Pada saat mesin
meningkat, mesin sering mengalamiputaran dmn kesulitan mengisi silinder dengan
pasokan udara / bahan bakar dalam waktu singkat saat klep in membuka. Hal yang
sama terjadi saat membuang gas sisa pembakaran. Jawaban atas masalah ini
membuat klep in membuka lebih lama, yang berartimemperbesar durasinya untuk
memaksimalkan saat langkahbuang, banyak peracik kem extrim memulai klep membuka
mendekati posisi saat piston berada di tengah-tengah langkah usaha.
Ini terlihat akan mengurangi tenaga yang
dihasilkan. Tapi idenya adalah membuat klep ex sudah terbuka penuh saat piston
berada di TMB akan melakukan langkah buang. Selama langkah usaha, letukan bahan
bakar sudah menggunakan sekitar 80% dari tenaga untuk menendang piston turun
saat kruk as baru berputar 90° saat piston berada di tengah proses
turun.Separuhnya lagi membieffek yang sedikit menambah tenaga, dan akan lebih
baikjika dimanfaatkan untuk membuang gas sisa pembakaran sehingga untuk yang
terhisap masuk akan lebih bersih nantinya.
para mekanik balap adalah untuk membuat lama bukakan klep,terlalu lama juga
mesin jadi drop. Baik dimana klep in atau ex sedang terbuka, Pada saat mesin
meningkat, mesin sering mengalamiputaran dmn kesulitan mengisi silinder dengan
pasokan udara / bahan bakar dalam waktu singkat saat klep in membuka. Hal yang
sama terjadi saat membuang gas sisa pembakaran. Jawaban atas masalah ini
membuat klep in membuka lebih lama, yang berartimemperbesar durasinya untuk
memaksimalkan saat langkahbuang, banyak peracik kem extrim memulai klep membuka
mendekati posisi saat piston berada di tengah-tengah langkah usaha.
Ini terlihat akan mengurangi tenaga yang
dihasilkan. Tapi idenya adalah membuat klep ex sudah terbuka penuh saat piston
berada di TMB akan melakukan langkah buang. Selama langkah usaha, letukan bahan
bakar sudah menggunakan sekitar 80% dari tenaga untuk menendang piston turun
saat kruk as baru berputar 90° saat piston berada di tengah proses
turun.Separuhnya lagi membieffek yang sedikit menambah tenaga, dan akan lebih
baikjika dimanfaatkan untuk membuang gas sisa pembakaran sehingga untuk yang
terhisap masuk akan lebih bersih nantinya.
Penggunaan rumus:
Missal
untuk mesin 110 cc dan 200 cc.
Untuk mesin 110 cc klep isap membuka 34-35° sebelum TMA(Titik Mati Atas). Dan menutup
Missal
untuk mesin 110 cc dan 200 cc.
Untuk mesin 110 cc klep isap membuka 34-35° sebelum TMA(Titik Mati Atas). Dan menutup
58-60° sesudah TMB(Titik Mati Bawah). Sedangkan untuk klep buang, membuka 57-59° sebelum TMB(Titik Mati Bawah), dan menutup 31-33 setelah TMA(Titik Mati
Bawah).
Untuk mesin 200 ccklep isap membuka 28° sebelum TMA dan menutup 63-65° setelah TMB dan menutup 28-29° setelah TMA.Apabila klep buka 25-38° sebelum TMA dan menutup 50-70° setelah TMB, UNtuk klepbuangnya sendiri membuka 50-70° sebelum TMB dan menutup 25-38° setelah TMA, batasan yang dapat diberikan 260-280°. Makin kecil durasinya makin bagus untuk
trek pendek,tenaga bawah lebih ngis. Cocok untuk karakter skubek yang perlu tarikan awal yang lebih responsive.
Durasi Cam
Diukur pada bukaan klep/angka dial gauz Menunjuk pada 0,050 inchi/1,27mm
Klep mulai membuka 0,15mm dan hampirmenutup 0,15mm
Durasi noken as Yamaha vega
Intake
membuka 27° sebelum tma,menutup 35° setelah tmb
Exhause
membuka 55° sebelum tmb,menutup 29° setelah tmaExhause
Noken As / kem Racing Pabrikan
<!-- [if gte mso 10]>Noken As / kem Racing Pabrikan
korek motor,Banyak mekanik hanya beli langsung Noken As yang sudah racing dari pabrikan,ini biasanya karena malas riset, kurang ilmu Noken As, takut gagal, dan ngirit biaya.Banyak merk Noken As racing / kem racing beredar di masyarakat.Banyak pilihan berbeda,bahkan satu merk juga menawarkan pilhan-pilihan berbeda-beda pula.
Karena itu kami coba memberikan keterangan-keterangan yang bisa membuat anda mengerti tentang pilihan dalam memilih Noken As / Kem yang sesuai dengan karakter motor anda.
Contoh-contoh Noken As racing Pabrikan :
KAWAHARA
Ada tiga tipe : tipe K1
: tipe K2
: tipe K3
Untuk K1 dan K2 biasa dipakai racing harian,lift, overlap dan LSA tidak terlalu ekstrim.Sedang untuk K3 untuk racing Ekstrim.
DATA KAWAHARA K1
Klep in(durasi) :16+180+47 = 237 derajat
Klep ex(rurasi) : 53+180+13 = 239 derajat
Lif in : 8 mm
Lift ex : 8 mm
LSA : 98 derajat
Harga : 350 ribu
DATA KAWAHARA K2
Klep in(durasi) : 11+180+57 = 248 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+31 = 252 derajat
Lif in : 8,75 mm
Lift ex : 8,56 mm
LSA : 103 derajat
Harga : 400 ribu
DATA KAWAHARA RACING ONLY
Klep in(durasi) :28+180+ 60 = 268 derajat
Klep ex(rurasi) : 60+180+31 = 252 derajat
Lif in : 10,33 mm
Lift ex : 8,89 mm
LSA : 113 derajat
Harga : 600 ribu
TDR
Noken As / Kem TDR racing memang pantas untuk harian dan Racing, Durasi dan LSA sangat aman dalap overlap sehingga tidak saling bentur antar klep.Bahkan untuk klep lebar sekalipun.
DATA Noken As / Kem TDR
Klep in(durasi) :13+180+45 = 238 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+22 = 243 derajat
Lif in : 8,4 mm
Lift ex : 7,93 mm
LSA : 94,5 derajat
Harga : - ribu
MARATHON
Noken As / Kem keluaran Mitra2000 sangat laku dipasaran.
DATA Noken As / Kem New Marathon
Klep in(durasi) :16+180+50 = 246 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+9 = 230 derajat
Lif in : 7,78 mm
Lift ex : 7,53 mm
LSA : 112,5 derajat
Harga : 250 ribu
NEW CLD
Hampir mirip marathon, bahkan lebih bagus mendongkrak power dari pada marathon. CLD singkatan dari ciledud atau Champion leader development. Kem atau Noken as ini lebih keras atau setara dengan Noken As standart pabrikan.
Klep in(durasi) :17+180+48 = 245 derajat
Klep ex(rurasi) : 49+180+13 = 242 derajat
Lif in : 7,82 mm
Lift ex : 7,82 mm
LSA : 105 derajat
Harga : 400 ribu
HRP
HRP(Hendriyansyah Racing Produk) buatan pentolan pembalap nasional Hendriyansyah. Durasi kem ini mirip kem CLD, yang mempunyai karakter halus untuk di pakai harian. Enak untuk trek pendek
Klep in(durasi) :18+180+43 = 238 derajat
Klep ex(rurasi) : 49+180+13 = 252 derajat
Lif in : 7,35 mm
Lift ex : 7,33 mm
LSA : 102 derajat
Harga : 300 ribu
nice info gan
BalasHapusblh nnya ga gan bwt bkin spek mtor supra x 100cc ?
om di share juga + gambar cara ngitung durasi ama lift
BalasHapusgan buat noken as racing scorpio ada gak klo ada hub 085786484533
BalasHapusthanks
Gan klo buat jupiter z mna yg ampuhhh buat melibas trek lurus yg ckup panjang buat kohar
BalasHapusOK OK
BalasHapusArtikel nya sangat menarik bro ,,
BalasHapusBuat yang lagi nyari noken as racing Mampir bro ke blog kita Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop
Kenapa saya pakai noken as kawahara K2 klep in saat terbuka tabrakan sama klep ex..heheheee
BalasHapusBuat tiger noken as as brap boz racing harian .touring
BalasHapusnumpang sharing gan.
BalasHapussepeda saya crypton sudah saya tune up 142 cc
klep in 28 ex 24
noken
IN 15 + 180 + 53 = 248º
Ex 50 + 180 + 15 = 245º
lift 7.2 mm
Overlap 30º
LSA 108º
kemaren saya setting sama sepeda FU semi, gigi 1,2,3 sama tapi gigi 4nya gak ngisi sama sekali gan alias mundur.
itu solusinya apa ya gan???
#201m
Walah din.. kae efek balancer enteng, noken e rpm tinggi.. drop d gigi 4 e standar adoh.. tumbas rasio close wayah e
HapusDurasi agak panjangkan
HapusGambar noken as nya yang ada 10bh, punya saya tuh, waktu saya jualan noken as bikinan.
BalasHapusCara papasan noken as motor blade gmna gan dan enaknya brpa mm
BalasHapusBuat noken as mio m3 yang mana
BalasHapusJancok entek entekane promo noken asyuuuuu... endi rumusmu cok
BalasHapusMalem gan mau nanya harga nokenas trek panjang berapa lh harga nya bles
BalasHapusBoleh htu number hp nya gk gan
BalasHapusBoleh htu number hp nya gk gan
BalasHapusArtikelnya sangat membantu...
BalasHapusGimana caranya supaya klep ngga ribut gan klo udh ganti noken as racing harian pada motor scorpio
BalasHapusGan mana noken as Mio Im3 gan??
BalasHapusGan ane mo tanya donk ,mtr ane jupiter mx new, spek 58 mm. Karbu pe 28 noken as kawahara k1 knlpot cld competition , nah ane mo tanya stelan klep yg enak buat rpm bawah brp ya? Soalnya aga kurang rpm bawah nya..
BalasHapusBro mau nanya mx saya juga spek nya sama cuma setelah pke noken k1 putaran tengahnya hampos banget susah nyetelnya kira2 elu pilot jet sama mainjetnya pke ukuran berapa?
HapusUntuk stelan klep klx bore up 63 (170 cc)
BalasHapusnoken as k2 buka tutup klep bagus berapa gan?
mohon infonya donk, noken as spek racing tapi yg presisi dan ga berisik di head.Merk apa
BalasHapussedikit cerita pengalaman saya
BalasHapusFAKTA
motor saya jupiter z,
buat korek harian saya pakai piston kaze o.s 150 (54.5mm)
part yg lainya ori standar pabrik semua.
Kopling saya ganti manual,
itupun udah enak banget,
final gear 15/36 tenaga nya kerasa dari RPM atau putaran bawah sampe atas ngisi teruss,
buat kebut2an dijalanan yaa.. lumayanlah
abis itu saya penasaran kaya apa perbedaannya,
sayapun tertarik pengin coba pake noken as racing.
saya beli noken as RACING K1 Merk XXX (sensor) gak mau sebut merk,
gampang banget pasangnya tinggal plug and play gak pake ribet..
tapi hasilnya ???
ngoookkkk...!!!
motor jupiter saya tenaganya loss alias ngedropp..
Di gasss poooll gak bisa larii,
kaya hilang kompressi..
gak berhenti sampai disini..
akhirnya
saya tambahkan part racing pendukung lainya
yaitu busi iridium
koil racing
pake karbu PE24,
knalpot racing..
CDI BRT Dual Band
tapi percuma
tetep gak ada perubahan
yasudahh...
akhirnya noken as tadi saya lepas dan saya kembali memakai noken as yg asli ori bawaan motor
... alhasil performa motor saya kembali lagi setelah tadinya droopp..
dan nggak ngoookk lagi
malah justru performanya makin meningkat karena saya tambahkan part racing yg saya sebutkan tadi di atas.
saya gak tau apa sebabnya..
mungkin saja noken as yg saya beli tersebut adalah produk cacat pembuatan...
yaa namanya saja buatan manusia..
gak ada yg sempurna kaleee
soalnya gak ada jaminan garansi.
kesimpulanya
menurut saya
Noken as racing hanya Recomended untuk Motor BALAP Drag/Roadrace saja dan setingan para mekanik yg profesional
noken as racing dipake motor harian
tidak RECOMENDED..!!
belum lagi kalo salah pilih bisa2 klep bertabrakan sama piston resikonya mesin malah hancurrr...
karena tidak begitu ngefekk tanpa di imbangi setingan komponen yg lain misalnya head, porting, bore up, pengapian, rasio, dll.
Saran saya
untuk motor spek korek harian
biar performanya maksimal cukup dengan mengaplikasikan :
cdi racing unlimiter
knalpot freeflow
busi iridium/platinum
koil racing
karbu Gede misal PE/sejenisnya
velg jari2 allumunium alloy biar tarikan ringan
Kalo UNTUK BALAP mah TERserah sesuka hatimu.. mau di ganti pake piston Kreta api gak masalah
klo perlu pasang roket pesawat di motormu biar lariny kuencenggg......!!!! wkwkwkkwkwkk
Mantap jiwa mas Boss, saya suka gayamuu... Maturnuwun semua...
Hapussedikit cerita pengalaman saya
BalasHapusFAKTA
motor saya jupiter z,
buat korek harian saya pakai piston kaze o.s 150 (54.5mm)
part yg lainya ori standar pabrik semua.
Kopling saya ganti manual,
itupun udah enak banget,
final gear 15/36 tenaga nya kerasa dari RPM atau putaran bawah sampe atas ngisi teruss,
buat kebut2an dijalanan yaa.. lumayanlah
abis itu saya penasaran kaya apa perbedaannya,
sayapun tertarik pengin coba pake noken as racing.
saya beli noken as RACING K1 Merk XXX (sensor) gak mau sebut merk,
gampang banget pasangnya tinggal plug and play gak pake ribet..
tapi hasilnya ???
ngoookkkk...!!!
motor jupiter saya tenaganya loss alias ngedropp..
Di gasss poooll gak bisa larii,
kaya hilang kompressi..
gak berhenti sampai disini..
akhirnya
saya tambahkan part racing pendukung lainya
yaitu busi iridium
koil racing
pake karbu PE24,
knalpot racing..
CDI BRT Dual Band
tapi percuma
tetep gak ada perubahan
yasudahh...
akhirnya noken as tadi saya lepas dan saya kembali memakai noken as yg asli ori bawaan motor
... alhasil performa motor saya kembali lagi setelah tadinya droopp..
dan nggak ngoookk lagi
malah justru performanya makin meningkat karena saya tambahkan part racing yg saya sebutkan tadi di atas.
saya gak tau apa sebabnya..
mungkin saja noken as yg saya beli tersebut adalah produk cacat pembuatan...
yaa namanya saja buatan manusia..
gak ada yg sempurna kaleee
soalnya gak ada jaminan garansi.
kesimpulanya
menurut saya
Noken as racing hanya Recomended untuk Motor BALAP Drag/Roadrace saja dan setingan para mekanik yg profesional
noken as racing dipake motor harian
tidak RECOMENDED..!!
belum lagi kalo salah pilih bisa2 klep bertabrakan sama piston resikonya mesin malah hancurrr...
karena tidak begitu ngefekk tanpa di imbangi setingan komponen yg lain misalnya head, porting, bore up, pengapian, rasio, dll.
Saran saya
untuk motor spek korek harian
biar performanya maksimal cukup dengan mengaplikasikan :
cdi racing unlimiter
knalpot freeflow
busi iridium/platinum
koil racing
karbu Gede misal PE/sejenisnya
velg jari2 allumunium alloy biar tarikan ringan
Kalo UNTUK BALAP mah TERserah sesuka hatimu.. mau di ganti pake piston Kreta api gak masalah
klo perlu pasang roket pesawat di motormu biar lariny kuencenggg......!!!! wkwkwkkwkwkk
Kompresi motor kamu kurang tinggi itu. Motor ane pakai noken as racing buat harian ngacir cok. Emang aselerakse kurang,tapi di rpm tinggi ancok keceng poll
BalasHapusLokasii mana boss.. Beli noken as kawahara???
BalasHapusLokasii mana boss.. Beli noken as kawahara???
BalasHapusGan mau tanya,saya pake noken as Kawahara k1 untuk beat fi tapi knp ya di stater gak bisa,di engkol juga keras,tolong penjelasannya trims
BalasHapusBos bisa gak kok kita pasang noken as Kawahara K2 di Mio bos klepnya tidak dipotong,mohon bantuannya
BalasHapusNgapain klep dipotong? Kepanjangan gan?
HapusPistonya aja dibuang biar ga tabrakan... Hehehehe
Mau tanya kl buat seher 53,5 klep standar supaya lebih enak pake noken as racing apa yah untuk harian/roadrace
BalasHapusLSA 113¤¤ 👏👍
BalasHapusUntuk kawahaara k1 sama BRT T1 beday apa gan
BalasHapusApa yang dimaksud
BalasHapusMacam macam profil cam?
lengkap info nya
BalasHapushttps://robit.id/6-tips-penggunaan-kartu-kredit-agar-hemat-dan-untung/
Om, motor saya absolud revo, klo saya ganti noken as racing kawahara k1 apakah rubah bagian klep dan coak piston,atau langsung pasang aja?
BalasHapus