Selasa, 28 Desember 2010

Profil dan durasi Noken As / KEM


image
<!-- [if gte mso 10]>


Durasi Kem / Batasan Durasi Kem


Korek mesin motor,Durasi adalah waktu yang diukur dalam derajat kruk as.m Maksud dari durasi klep buat

para mekanik balap adalah untuk membuat lama bukakan klep,terlalu lama juga

mesin jadi drop. Baik dimana klep in atau ex sedang terbuka, Pada saat mesin

meningkat, mesin sering mengalamiputaran dmn kesulitan mengisi silinder dengan

pasokan udara / bahan bakar dalam waktu singkat saat klep in membuka. Hal yang

sama terjadi saat membuang gas sisa pembakaran. Jawaban atas masalah ini

membuat klep in membuka lebih lama, yang berartimemperbesar durasinya untuk

memaksimalkan saat langkahbuang, banyak peracik kem extrim memulai klep membuka

mendekati posisi saat piston berada di tengah-tengah langkah usaha.


Ini terlihat akan mengurangi tenaga yang

dihasilkan. Tapi idenya adalah membuat klep ex sudah terbuka penuh saat piston

berada di TMB akan melakukan langkah buang. Selama langkah usaha, letukan bahan

bakar sudah menggunakan sekitar 80% dari tenaga untuk menendang piston turun

saat kruk as baru berputar 90° saat piston berada di tengah proses

turun.Separuhnya lagi membieffek yang sedikit menambah tenaga, dan akan lebih

baikjika dimanfaatkan untuk membuang gas sisa pembakaran sehingga untuk yang

terhisap masuk akan lebih bersih nantinya.


Penggunaan rumus:

Missal

untuk mesin 110 cc dan 200 cc.
Untuk mesin 110 cc klep isap membuka 34-35° sebelum TMA(Titik Mati Atas). Dan menutup
58-60° sesudah TMB(Titik Mati Bawah). Sedangkan untuk klep buang, membuka 57-59° sebelum TMB(Titik Mati Bawah), dan menutup 31-33 setelah TMA(Titik Mati


Bawah).
Untuk mesin 200 ccklep isap membuka 28° sebelum TMA dan menutup 63-65° setelah TMB
dan menutup 28-29° setelah TMA.Apabila klep buka 25-38° sebelum TMA dan menutup 50-70° setelah TMB, UNtuk klepbuangnya sendiri membuka 50-70° sebelum TMB dan menutup 25-38° setelah TMA, batasan yang dapat diberikan 260-280°. Makin kecil durasinya makin bagus untuk
trek pendek,tenaga bawah lebih ngis. Cocok untuk karakter skubek yang perlu tarikan awal yang lebih responsive.

Durasi Cam

Diukur pada bukaan klep/angka dial gauz Menunjuk pada 0,050 inchi/1,27mm
Klep mulai membuka 0,15mm dan hampirmenutup 0,15mm

Durasi noken as Yamaha vega
Intake
membuka 27° sebelum tma,menutup 35° setelah tmb
Exhause
membuka 55° sebelum tmb,menutup 29° setelah tma


Noken As / kem Racing Pabrikan

image
<!-- [if gte mso 10]>
Noken As / kem Racing Pabrikan

korek motor,Banyak mekanik hanya beli langsung Noken As yang sudah racing dari pabrikan,ini biasanya karena malas riset, kurang ilmu Noken As, takut gagal, dan ngirit biaya.Banyak merk Noken As racing / kem racing beredar di masyarakat.Banyak pilihan berbeda,bahkan satu merk juga menawarkan pilhan-pilihan berbeda-beda pula.
Karena itu kami coba memberikan keterangan-keterangan yang bisa membuat anda mengerti tentang pilihan dalam memilih Noken As / Kem yang sesuai dengan karakter motor anda.
Contoh-contoh Noken As racing Pabrikan :

KAWAHARA
Ada tiga tipe       : tipe K1
                                : tipe K2
                                : tipe K3
Untuk K1 dan K2 biasa dipakai racing harian,lift, overlap dan LSA tidak terlalu ekstrim.Sedang untuk K3 untuk racing Ekstrim.
DATA KAWAHARA K1
                Klep in(durasi)   :16+180+47 = 237 derajat
                Klep ex(rurasi)  : 53+180+13 = 239 derajat
                Lif in                       : 8 mm
                Lift ex                    : 8 mm
                LSA                         : 98 derajat
                Harga                    : 350 ribu
DATA KAWAHARA K2
Klep in(durasi)   : 11+180+57 = 248 derajat
                Klep ex(rurasi)  : 41+180+31 = 252 derajat
                Lif in                       : 8,75 mm
                Lift ex                    : 8,56 mm
                LSA                         : 103 derajat
                Harga                    : 400 ribu
DATA KAWAHARA RACING ONLY
Klep in(durasi)   :28+180+ 60 = 268 derajat
                Klep ex(rurasi)  : 60+180+31 = 252 derajat
                Lif in                       : 10,33 mm
                Lift ex                    : 8,89 mm
                LSA                         : 113 derajat
                Harga                    : 600 ribu

TDR
Noken As / Kem TDR racing memang pantas untuk harian dan Racing, Durasi dan LSA sangat aman dalap overlap sehingga tidak saling bentur antar klep.Bahkan untuk klep lebar sekalipun.
DATA Noken As / Kem TDR
                Klep in(durasi)   :13+180+45 = 238 derajat
                Klep ex(rurasi)  : 41+180+22 = 243 derajat
                Lif in                       : 8,4 mm
                Lift ex                    : 7,93 mm
                LSA                         : 94,5 derajat
                Harga                    : - ribu

MARATHON
  Noken As / Kem keluaran Mitra2000 sangat laku dipasaran.
DATA Noken As / Kem New Marathon
                Klep in(durasi)   :16+180+50 = 246 derajat
                Klep ex(rurasi)  : 41+180+9 = 230 derajat
                Lif in                       : 7,78 mm
                Lift ex                    : 7,53 mm
                LSA                         : 112,5 derajat
                Harga                    : 250 ribu

NEW CLD
Hampir mirip marathon, bahkan lebih bagus mendongkrak power dari pada marathon. CLD singkatan dari ciledud atau Champion leader development. Kem atau Noken as ini lebih keras atau setara dengan Noken As standart pabrikan.
Klep in(durasi)   :17+180+48 = 245 derajat
                Klep ex(rurasi)  : 49+180+13 = 242 derajat
                Lif in                       : 7,82 mm
                Lift ex                    : 7,82 mm
                LSA                         : 105 derajat
                Harga                    : 400 ribu

HRP
HRP(Hendriyansyah Racing Produk) buatan pentolan pembalap nasional Hendriyansyah. Durasi kem ini mirip kem CLD, yang mempunyai karakter halus untuk di pakai harian. Enak untuk trek pendek
                Klep in(durasi)   :18+180+43 = 238 derajat
                Klep ex(rurasi)  : 49+180+13 = 252 derajat
                Lif in                       : 7,35 mm
                Lift ex                    : 7,33 mm
                LSA                         : 102 derajat
                Harga                    : 300 ribu

40 komentar:

  1. nice info gan

    blh nnya ga gan bwt bkin spek mtor supra x 100cc ?

    BalasHapus
  2. om di share juga + gambar cara ngitung durasi ama lift

    BalasHapus
  3. gan buat noken as racing scorpio ada gak klo ada hub 085786484533
    thanks

    BalasHapus
  4. Gan klo buat jupiter z mna yg ampuhhh buat melibas trek lurus yg ckup panjang buat kohar

    BalasHapus
  5. Artikel nya sangat menarik bro ,,
    Buat yang lagi nyari noken as racing Mampir bro ke blog kita Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus
  6. Kenapa saya pakai noken as kawahara K2 klep in saat terbuka tabrakan sama klep ex..heheheee

    BalasHapus
  7. Buat tiger noken as as brap boz racing harian .touring

    BalasHapus
  8. numpang sharing gan.
    sepeda saya crypton sudah saya tune up 142 cc
    klep in 28 ex 24
    noken
    IN 15 + 180 + 53 = 248º
    Ex 50 + 180 + 15 = 245º
    lift 7.2 mm

    Overlap 30º
    LSA 108º

    kemaren saya setting sama sepeda FU semi, gigi 1,2,3 sama tapi gigi 4nya gak ngisi sama sekali gan alias mundur.
    itu solusinya apa ya gan???
    #201m

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah din.. kae efek balancer enteng, noken e rpm tinggi.. drop d gigi 4 e standar adoh.. tumbas rasio close wayah e

      Hapus
  9. Gambar noken as nya yang ada 10bh, punya saya tuh, waktu saya jualan noken as bikinan.

    BalasHapus
  10. Cara papasan noken as motor blade gmna gan dan enaknya brpa mm

    BalasHapus
  11. Buat noken as mio m3 yang mana

    BalasHapus
  12. Jancok entek entekane promo noken asyuuuuu... endi rumusmu cok

    BalasHapus
  13. Malem gan mau nanya harga nokenas trek panjang berapa lh harga nya bles

    BalasHapus
  14. Boleh htu number hp nya gk gan

    BalasHapus
  15. Boleh htu number hp nya gk gan

    BalasHapus
  16. Gimana caranya supaya klep ngga ribut gan klo udh ganti noken as racing harian pada motor scorpio

    BalasHapus
  17. Gan mana noken as Mio Im3 gan??

    BalasHapus
  18. Gan ane mo tanya donk ,mtr ane jupiter mx new, spek 58 mm. Karbu pe 28 noken as kawahara k1 knlpot cld competition , nah ane mo tanya stelan klep yg enak buat rpm bawah brp ya? Soalnya aga kurang rpm bawah nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro mau nanya mx saya juga spek nya sama cuma setelah pke noken k1 putaran tengahnya hampos banget susah nyetelnya kira2 elu pilot jet sama mainjetnya pke ukuran berapa?

      Hapus
  19. Untuk stelan klep klx bore up 63 (170 cc)
    noken as k2 buka tutup klep bagus berapa gan?

    BalasHapus
  20. mohon infonya donk, noken as spek racing tapi yg presisi dan ga berisik di head.Merk apa

    BalasHapus
  21. sedikit cerita pengalaman saya

    FAKTA

    motor saya jupiter z,
    buat korek harian saya pakai piston kaze o.s 150 (54.5mm)
    part yg lainya ori standar pabrik semua.
    Kopling saya ganti manual,
    itupun udah enak banget,
    final gear 15/36 tenaga nya kerasa dari RPM atau putaran bawah sampe atas ngisi teruss,
    buat kebut2an dijalanan yaa.. lumayanlah

    abis itu saya penasaran kaya apa perbedaannya,
    sayapun tertarik pengin coba pake noken as racing.

    saya beli noken as RACING K1 Merk XXX (sensor) gak mau sebut merk,

    gampang banget pasangnya tinggal plug and play gak pake ribet..

    tapi hasilnya ???
    ngoookkkk...!!!
    motor jupiter saya tenaganya loss alias ngedropp..
    Di gasss poooll gak bisa larii,
    kaya hilang kompressi..


    gak berhenti sampai disini..
    akhirnya
    saya tambahkan part racing pendukung lainya
    yaitu busi iridium
    koil racing
    pake karbu PE24,
    knalpot racing..
    CDI BRT Dual Band
    tapi percuma
    tetep gak ada perubahan

    yasudahh...

    akhirnya noken as tadi saya lepas dan saya kembali memakai noken as yg asli ori bawaan motor

    ... alhasil performa motor saya kembali lagi setelah tadinya droopp..
    dan nggak ngoookk lagi

    malah justru performanya makin meningkat karena saya tambahkan part racing yg saya sebutkan tadi di atas.


    saya gak tau apa sebabnya..
    mungkin saja noken as yg saya beli tersebut adalah produk cacat pembuatan...

    yaa namanya saja buatan manusia..
    gak ada yg sempurna kaleee
    soalnya gak ada jaminan garansi.

    kesimpulanya
    menurut saya
    Noken as racing hanya Recomended untuk Motor BALAP Drag/Roadrace saja dan setingan para mekanik yg profesional

    noken as racing dipake motor harian
    tidak RECOMENDED..!!

    belum lagi kalo salah pilih bisa2 klep bertabrakan sama piston resikonya mesin malah hancurrr...

    karena tidak begitu ngefekk tanpa di imbangi setingan komponen yg lain misalnya head, porting, bore up, pengapian, rasio, dll.

    Saran saya
    untuk motor spek korek harian
    biar performanya maksimal cukup dengan mengaplikasikan :
    cdi racing unlimiter
    knalpot freeflow
    busi iridium/platinum
    koil racing
    karbu Gede misal PE/sejenisnya
    velg jari2 allumunium alloy biar tarikan ringan

    Kalo UNTUK BALAP mah TERserah sesuka hatimu.. mau di ganti pake piston Kreta api gak masalah

    klo perlu pasang roket pesawat di motormu biar lariny kuencenggg......!!!! wkwkwkkwkwkk





    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap jiwa mas Boss, saya suka gayamuu... Maturnuwun semua...

      Hapus
  22. sedikit cerita pengalaman saya

    FAKTA

    motor saya jupiter z,
    buat korek harian saya pakai piston kaze o.s 150 (54.5mm)
    part yg lainya ori standar pabrik semua.
    Kopling saya ganti manual,
    itupun udah enak banget,
    final gear 15/36 tenaga nya kerasa dari RPM atau putaran bawah sampe atas ngisi teruss,
    buat kebut2an dijalanan yaa.. lumayanlah

    abis itu saya penasaran kaya apa perbedaannya,
    sayapun tertarik pengin coba pake noken as racing.

    saya beli noken as RACING K1 Merk XXX (sensor) gak mau sebut merk,

    gampang banget pasangnya tinggal plug and play gak pake ribet..

    tapi hasilnya ???
    ngoookkkk...!!!
    motor jupiter saya tenaganya loss alias ngedropp..
    Di gasss poooll gak bisa larii,
    kaya hilang kompressi..


    gak berhenti sampai disini..
    akhirnya
    saya tambahkan part racing pendukung lainya
    yaitu busi iridium
    koil racing
    pake karbu PE24,
    knalpot racing..
    CDI BRT Dual Band
    tapi percuma
    tetep gak ada perubahan

    yasudahh...

    akhirnya noken as tadi saya lepas dan saya kembali memakai noken as yg asli ori bawaan motor

    ... alhasil performa motor saya kembali lagi setelah tadinya droopp..
    dan nggak ngoookk lagi

    malah justru performanya makin meningkat karena saya tambahkan part racing yg saya sebutkan tadi di atas.


    saya gak tau apa sebabnya..
    mungkin saja noken as yg saya beli tersebut adalah produk cacat pembuatan...

    yaa namanya saja buatan manusia..
    gak ada yg sempurna kaleee
    soalnya gak ada jaminan garansi.

    kesimpulanya
    menurut saya
    Noken as racing hanya Recomended untuk Motor BALAP Drag/Roadrace saja dan setingan para mekanik yg profesional

    noken as racing dipake motor harian
    tidak RECOMENDED..!!

    belum lagi kalo salah pilih bisa2 klep bertabrakan sama piston resikonya mesin malah hancurrr...

    karena tidak begitu ngefekk tanpa di imbangi setingan komponen yg lain misalnya head, porting, bore up, pengapian, rasio, dll.

    Saran saya
    untuk motor spek korek harian
    biar performanya maksimal cukup dengan mengaplikasikan :
    cdi racing unlimiter
    knalpot freeflow
    busi iridium/platinum
    koil racing
    karbu Gede misal PE/sejenisnya
    velg jari2 allumunium alloy biar tarikan ringan

    Kalo UNTUK BALAP mah TERserah sesuka hatimu.. mau di ganti pake piston Kreta api gak masalah

    klo perlu pasang roket pesawat di motormu biar lariny kuencenggg......!!!! wkwkwkkwkwkk





    BalasHapus
  23. Kompresi motor kamu kurang tinggi itu. Motor ane pakai noken as racing buat harian ngacir cok. Emang aselerakse kurang,tapi di rpm tinggi ancok keceng poll

    BalasHapus
  24. Lokasii mana boss.. Beli noken as kawahara???

    BalasHapus
  25. Lokasii mana boss.. Beli noken as kawahara???

    BalasHapus
  26. Gan mau tanya,saya pake noken as Kawahara k1 untuk beat fi tapi knp ya di stater gak bisa,di engkol juga keras,tolong penjelasannya trims

    BalasHapus
  27. Bos bisa gak kok kita pasang noken as Kawahara K2 di Mio bos klepnya tidak dipotong,mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain klep dipotong? Kepanjangan gan?

      Pistonya aja dibuang biar ga tabrakan... Hehehehe

      Hapus
  28. Mau tanya kl buat seher 53,5 klep standar supaya lebih enak pake noken as racing apa yah untuk harian/roadrace

    BalasHapus
  29. Untuk kawahaara k1 sama BRT T1 beday apa gan

    BalasHapus
  30. Apa yang dimaksud
    Macam macam profil cam?

    BalasHapus
  31. Om, motor saya absolud revo, klo saya ganti noken as racing kawahara k1 apakah rubah bagian klep dan coak piston,atau langsung pasang aja?

    BalasHapus