Selasa, 28 Desember 2010

Korek Motor Harian Buat Pemula


image

Tiga Jurus Buat Motor Kencang


korek mesin motor ,Ada tiga jurus bikin motor jadi kencang,salah satunya lo bisa liat besutan pabrikan garputala jupiterZ tahun 2006.
besutan jupiter semuanya masih bawaan pabrik tidak ada yang gw ganti.
sebelum dijelasin tiga jurus bikin motor jadi kencang,pertama-tama kita harus tau mau di bawa kemana arah spek balapnya.
lo mau bikin standar tapi kencang yang biasa kita sebut kohar (korekan harian) apa lo mau yang lebih dari itu,semua itu ada jawabannya tergantung kalian dan modal kalian.

JURUS PERTAMA (CARBURATOR )

Kita bermain simpel,artinya kita usahakan bermain yang tidak mengeluarkan biaya banyak contohnya kita bermain di CARBURATOR.
biasanya motor bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit,itu dikarnakan sepuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurus(kurang) motor jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo.
semua itu bisa diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.

JURUS KEDUA (PENGAPIAN )

Di dalam motor standar,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian LIMITER.
Dan itu bisa diatsi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian.
Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.

JURUS KE TIGA (CAMSAFT )

Camsaft atau sering kita sebut NOKEN AS sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4TAK sedangkan untuk mesin berbasis 2TAK di tentukan oleh porting,untuk yang satu ini saya tidak bisa mengulas lebih dalam dikarnakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camsaft untuk mesin 4TAK dan juga berapa milimeter untuk mengangkat porting untuk mesin 2TAK semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.




JURUS PERTAMA :

Gambar diatas saya beri nomor urut 1 sampai 3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3 semua itu gambar karburator bukan ukuran standar bawaan motor, yang bikin motor kita jadi kenceng bisa maenin karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran yang lebih besar ,tapi ku saranin buat motor yang benar-benar standar kita naikin spuyer jangan terlalu besar minimal kita naikin 5 sampai maksimal 10,tapi kalo kita mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer karbu,biasanya ada batasan buat ngelemer karbu kita,ku saranin remer 1,5 sampai 2mm,itu juga ga bisa kita kerjain sendiri kita musti singgah ke tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan and kita anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat besar,karbu kita gak bisa di balikin jadi standar lagi dan kalo salah sedikit aja pada lemeran kita itu berakibat motor kita susah di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat pemula kita cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di balikin jadi standar lagi.palagi buat harian,,,ya gak?????
JURUS KEDUA :


Di atas lo bisa liat, itu yang di namain CDI atau banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali lagi gw minta maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut ku ambil dari INTERNET semua,karna gw gak punya kamera digital maklum orang susah.
Buat yang satu ini ku gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam pembelajaran ku CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa gak idup motor kita alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya ,kita liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih ,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh karna itu ku saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat yang satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang standar ama yang RACING kalo kalian mau ngedapetin rpm yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI yang di jual di TOKO AKSESORIES,




Yang ketiga ini adalah NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi ku punya bocoran sedikit buat kalian bro yang suka bikin kencang motor apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran ku ini bisa lo terapin ama tunggangan kalian,sebelum kalian korek NOKEN AS,kalian harus paham dulu apa aja yang harus kalian perhatiin.
Pertama –tama kalian ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIKMAT,trus kalian catat LIFT nya berapa trus LSA nya juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah sangar,tapi dalam hal ini kalain bro jangan salah tanggap jangan kalian pikir kalo kalian udah pangkas CAMP nya motor lo langsung ngacir,kalian  harus (KUDU)ngukur KOMPRESI motor kalian karna CAMP yang dah kalian ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.
Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED ),karna dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah,karna kelebihan KOMPRESI juga gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah atasnya mandek juga bisa mengakibatkan kemacetan pada SEHER (PISTON ),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari,semoga tips yang singkat dari saya ini bermanfaat.semua cara seting noken as(camshaft) sudah ada di korekmesin.com di halaman lain,kalian buka2 lagi aja caranya.

28 komentar:

  1. Kalo pke knalpot standat gmn gan..?
    apa bisa lari 120 km/j, klo pkek seher jupie oversise 100,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo masalah kenalpot sih masuk gan...itu klo lu ganti yg recing walau mesin ori udsh nMbah performa

      Hapus
  2. klo udh sehernya di ganti KZ 100, nokan as udh trus CDI nya jga udh tpi tarikan nya kurang bgi mna ya,..????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek kampas ganda dan kampas kopling gan...

      Hapus
  3. gan kalon untuk jupe mx ada ga gan

    BalasHapus
  4. mantab banget bisa dicoba tekniknya...
    nih informasi otomotif lainya

    BalasHapus
  5. bisa lebih jelasin lagi ngga mas, cara menggeser pengapian

    BalasHapus
  6. Pemula nich... nyoba akh.
    nuhun agan

    BalasHapus
  7. gan, ada bengkel motor yg di jamin puas dgn ke inginan hati kita gak? klo ada, tolong dong kasih infonya. thx gan..

    BalasHapus
  8. klo supaya bisa kaya jett gmna gann dlm jrak tempuh 201.m.

    BalasHapus
  9. Jangan pelit ama ilmu masberooo... Mesin motor cc kecil, satu silinder, masih pake karburator pula.
    Kohar New Vega R tahun 2006,
    Neh langkah2nya:
    Piston di os 100 pake izumi, kompresinya di bikin untuk oktan 95. Spek: *Gak pake kopling tangan, utk knalpot stdr>> cuma Ambil leher knalpot racing, CDI BRT-dual band, timing maju 2", Gear blkg 33, per kopling RX.King, Pilot:27,5(std yamaha) Main:118(Kitaco).
    Maseh inget kan ama TTM.
    Kompresi TINGGI perlu oktan TINGGI dan timing pengapian harus di geser MAJU(ini pesannya Alm. Graham Bell). Lanjut bro, kita maseh pertahankan semua dari pabrik, dimulai dari awal ampe selesai deh.
    Pas selesai Rayen piston?? di gassfull gak bisa tembus 100KM/j(Kalo kejar2an ama jupe,supra 125 msh sering ketinggalan). Coba geser timing pengapian MAJU sekitar 2" deh. Di top gear motor siem(ganti gear uk:33 udah cukup). Baca teori dari Alm. Graham Bell ada yg nyangkut di kepala..?? Ini infonya: Setelah kompresi Tinggi, Percepat proses Pengabutan ke ruang bakar(Kaseh bahan bakar se'banyak2nya sesuai kebutuhan Mesin). Sebelum setting karbu mending copot filter udaranya..Biar maksimal hasilnya. Yg pertama Keliatan tuh di atas manifold yg nyambung ke karbu ada plastik>>skitar 5ml,Copot aja, Mayankan bisa percepat proses pengabutan ke ruang bakar walau cuma 5ml. Dari Pengalaman seh pas rpm tinggi motor terasa ngedrop mirip kehabisan bensin, Mainjet nya minta diganti. Cari di toko spuyer racing ukuran paling keci 118 punya Kitaco. Pas beli tuh mainjet sempet bingung aja.. Rencananya mau beli yg 110 ama 115.. Stdrnya kan cuma 105? Tapi apa boleh dikata bro.. Dah di beli, tinggal pasang doang. Pas selesai pasang penasaran... Gas motor msh ragu, Pas tarik gas di rpm tinggi motor semakin bertenaga/teriakan mesin bersih buangett...!! Hehehe...

    Dapet lagi informasi dari: "Bapak Beny J". Jupiter z nya waktu itu jadi juara road race cc 115 dengan top speed 160-180KM/j.Waktu itu ktanya boleh diadu trek lurus sama ninja 150 stdr pabrikan. Ok pak, Tapi speknya yg bubut 4ml bagian bawah manifold saya coba yah(Nah skg proses pengabutan ke ruang bakar lebih cepat kan, skitar 9ml dari standar pabrik). Setelah pangkas bagian bawah manifold, lsg coba gas.. Pengalaman saya seh sama seperti kehabisan bensin di puteran bawah. Ganti pilot 30 KITACO mayan.. Tapi gak teriak... Akhirnya turun ke 27,5 orisinil. Pas di pasang: tarik lepas gas suaranya merdu...wing.wing..wingggggg. Nyalain kontak: masuk gear1,2,3 sampe top speed nendang maju(Di spedo top speed skitar 120KM/j... *Jauh bgt ama stdrnya yg gak sampe 100KM/j). Musuh berat di jalanan jupe MX... Klo sAma MX harus ktemu yg jokinya bagus baru bisa kalah di trek panjang.. Sharing ama jupe MX standar 0-110KM/jam masih nempel..

    $$Heheheee... Sesuai tema masbero... Korek harian masih pertahankan standarnya. Ukuran klep 23/20. Venturi stdr masih 17. Klo pake motornya kalem di jamin irit..rit..ritt..ritttt. Tapi klo ugal2an yg psti boroslah, kan jarak tempuh karburator ke ruang bakar daH makin dekat, pilot naik 10 angka, mainjet naik 13 angka.
    **"Untuk Porting intake, head ama papas kem skg udah banyak mekanik yang bisa kok!!!

    BalasHapus
  10. Mas kalau mau majuin timing pengapian itu geser magnetnya kekiri apa kekanan, kalau saumpama kita berada di kiri motor dan menghadap ke magnet dg catatan kita gerinda spi magnet motornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bosku mentak nomer hp nya bosku mau garap motor

      Hapus
  11. --Magnet Vega muternya kesebelah KIRI.
    --Kita ambil angka yg ada di Jam aja(muternya 360° juga).
    --Digeser maju berarti proses pembakaran dipercepat dari posisi awal
    --Misalnya Posisi awal pembakaran di jam 12.
    --Klo digeser maju proses pembakarannya berarti posisinya ada disekitar (jam 1 or jam 2).
    -- Yang gampang seh Geser sensor aja bang skitar 2ml ke arah kanan dari posisi awal. Waktu majuin timingnya Vega ane geser ke kanan skitar 2ml dari posisi awal.

    Kalo kata Mekanik ane seh waktu itu kalo pake CDI-RACING GAK PERLU GESER TIMING-nya.

    Kalo bikin motor kompresi Tinggi,trus Timing pengapiannya gak di geser maju motor agak lemot, oper gearnya gak cepet(Gak beda jauh ama motor msh standart). Dah gethu Topspeed nya ngambang.

    BalasHapus
  12. Banyak cara menuju Roma bang, Heheheee...

    Yg penting intinya proses pembakaran lebih cepat dari posisi awal
    --Coba perhatiin panjang pulser yang ada di magnet
    --Cth 2° dipangkas 5ml--
    --Bisa juga ujung sebelah kiri pulser di papas(kurangi)
    -Kalo di papas 5ml di ujung sebelah kiri(Berarti pulser di ujung sebelah kanan ditambah 5ml juga).

    Bagusnya nya seh gundulin pulsernya, Terus bikin pulser baru digeser ke sebelah kanan(Jangan lupa panjang pulsernya harus sama).

    Coba dah lebihin panjang pulser skitar 1,5ml, Tapi posisi pembakaran tetap di geser 2° dari posisi awal.

    Setting di Sini harus pas bang.. Biar proses pembakaran hasilnya bagus di Ruang bakar.

    Coba deh perhatiin gerak piston Waktu TMA & TMB.

    Caranya:
    --Ujung Pulser Sebelah kiri ditandai Warna Merah.
    --Ujung pulser sebelah kanan ditandai Warna Putih.

    Nyalain mesin motor(Siapin senter juga yah).

    *Puteran Rendah*
    Pasti di dekat sensor magnet terlihat hanya warna merah yg kita tandai(berarti diputeran rendah proses pembakaran ada di TMA).

    *Puteran Tinggi*
    Tapi klo grip gas kita tarik terus.. Yang terlihat didekat sensor magnet warna putih.

    --Hehe, ini die bang yang kenyataan terjadi:
    Diputeran tinggi ternyata proses pembakaran tejadi juga di TMB.







    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. bang atau suhu .. apa bener kalau kita buat maghnet lost . dan pengapian dari batrai .. tenaga nya mantap ??

    BalasHapus
  15. Makasih artikelnya sangat bagus dan membantu sekali
    obat bius

    BalasHapus
  16. Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ORG
    Disini mudah menang lohh say..
    Tersedia 8 Games dalam 1 id
    Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
    Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ORG
    Contact :
    BBM : D8B8BD43
    Line : wedeqq
    WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
    Tunggu apa lagi sayy
    Ayoo daftar di WDQQ . ORG

    BalasHapus


  17. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  18. Motor saya absolud revo, klep, piston smua masih standar, klo misalkan ganti noken aa racing tipe kawahara K1 apakah harus rubah bagian klep dan coak piston, atau langsung pasang nokennya?

    BalasHapus